Beranda Kantor Urusan Agama Baru Di Launching, Kemenag Aceh Tengah Langsung Ukur Titik Koordinat Madrasah &...

Baru Di Launching, Kemenag Aceh Tengah Langsung Ukur Titik Koordinat Madrasah & KUA, Target 1 Bulan Selesai

274
0

Takengon (inmas) — Menindak lanjuti program Update Titik Koordinat Madrasah dan KUA yang baru saja dilaunching Plt. Kakanwil Kemenag Aceh diwakili Kabid Urais dan Binsyar, Drs H Hamdan MA di Gayo Lues. Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Tengah Melalui Seksi Bimas Islam langsung lakukan pengukuran titik koordinat Madrasan dan KUA di Lingkungan Kemenag Kabupaten Aceh Tengah pada Rabu (29/01/20).

Pengukuran titik koordinat Madrasan dan KUA tersebut dimulai dari Kecamatan Kute Panang, yaitu pada MTsN 5 Aceh Tengah, MIS Kute Panang dan KUA Kecamatan Kute Panang.

Pada kesempatan itu juga, tim dari Seksi Bimas Islam yang diketuai Kepala Seksi, Ahmad Marjan S Ag juga mengukur arah kiblat meunasah MTsN 5 Aceh Tengah yang sedang dibangun. Dari hasil pengukuran, diketahui pergeseran sebesar 18 derajat dari titik koordinat ka’bah.

Dilansir dari laman resmi web Kemenag Aceh, aceh.kemenag.go.id pada Rabu (22/01) ketika melaunching program update titik koordinat madrasah dan KUA, Drs H Hamdan MA menyampaikan, titik koordinat tersebut merupakan terobosan yang dilakukan Kemenag Aceh dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mengetahui titik lokasi madrasah dan juga informasi mengenai madrasah.

Hamdan berharap usai dilaunching, seluruh Kankemenag kabupaten/kota harus segera melakukan pendataan madrasah dan KUA, sarana-prasarana, dan titik koordinat madrasah. Data ini nantinya akan disajikan dalam sistem informasi  berbasis online atau aplikasi.

“Ini menjadi awal bagi madrasah yang terdata dalam aplikasi. Ini memudahkan  siapapun misalnya yang  berapa jumlah murid, kepala sekolahnya siapa dan sarana- prasarana yang dibutuhkan seperti apa,” ujar Hamdan.

Ia juga berharap seluruh Kankemenag kabupaten/kota agar segera bekerja melakukan pendataan selambat-lambatnya dalam kurun  1,5 bulan harus sudah tuntas.

“Ini harus cepat dilakukan, dalam waktu satu bulan setengah harus sudah selesai. Kalau boleh satu bulan harus tuntas,” ujar Hamdan dikutip dari web resmi Kemenag Aceh Pada Rabu (22/01).

Menurut Kasi Bimas Islam Kankemenag Aceh Tengah, Ahmad Marjan S Ag, program pengukuran titik koordinat Madrasah dan KUA di lingkungan Kemenag Aceh Tengah ditargetkan rampung dalam satu bulan.

“kita mendukung penuh program yang telah diluncurkan Kanwil Kemenag Aceh, oleh karna itu kita targetkan 1 bulan kedepan, akhir februari insyallah rampung,” tutur Ahmad Marjan.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here