Beranda Madrasah Ibtidaiyah Bumikan Al-Qur’an, MIN 9 Aceh Tengah Laksanakan Ukahaq

Bumikan Al-Qur’an, MIN 9 Aceh Tengah Laksanakan Ukahaq

420
0

Bebebesen (Armas) – MIN 9 Aceh Tengah laksanakan Uji Kemampuan Hapalan Al-Qur’an (Ukahaq) bagi siswa kelas akhir yang akan lulus pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019,  di Ruang Kelas, 28/3/19

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah dalam hal ini diwakili oleh Bapak Drs. H. Salman Kasi Bimas Islam, dalam sambutanya beliau menyampaikan “Alqur’an kitab suci yang harus di baca, dihayati dan di amalkan dalam kehidupan sehari hari oleh setiap muslim”. Dalam kesempatan ini turut hadir Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Aceh Tengah Drs. Riswan Basri, pengawas Madrasah, wali murid dan Tokoh Masyarakat Sekitar.

Kegiatan Uji Kemampuan Hapalan Al-Qur’an merupakan program tahunan Madrasah agar setiap siswa yang akan mengikuti UAMBN harus mampu menguasai surat pendek hususnya jus 30. Selain itu, “Ukahaq” juga bertujuan untuk menumbuhkan kemauan dan kemampuan anak didik mencintai dan menghapal ayat ayat Alquran dengan melihat, mendengar dan membaca.

Dewasa ini, bahwa banyak orang mulai menapsirkan isi kandungan Alquran menurut kemampuan diri, keprntingan golongan dan menambah pencitraan, jangankan golongan awam kaum elitpun terkontaminasi keadaan yang sedemikian,sehingga ayat ayat mulia di disepelekan, arti yang sebenarnya di buat remang remang. membacanya menurut selera kelompok masing masing bukan menurut aturan sesungguhnya yang diperntah Rasul utusan Allah SWT.

Untuk mengatasi hal tersebut kami berusaha sejak dini untuk melakukan pembinaan kepada  anak agar tidak terpengaruh pada isu yang memperihatinkan yg bersangkutan dengan Al-Qur’an yang tidak diragukan kebenaranya melalui “Ukahaq”.

Uji Kemampuan Hapalan Al-Qur’an dilaksanakan Tanggal 28 Maret 2019 sehari penuh, kegiatan ini dilaksanakan untuk klas 6 tahun 2019 yang berjumlah 31 siswa .Penguji di ambil dari madradah lain berkoprten dalam bidangnya. “Ukahaq” ini terdiri dari 3 katagori 1 hapalan ayat mahrajul huruf dan lagu. 2.Menyumpurnakan ayat/menyambung. 3.Mentetjemahkan ayat. Ukahaq husus untuk just 30.

Kepada peserta yang masuk nominasi 10 besar akan diberikan riward seperangkat alat sholat. Melalui kegiatan kepala Madrasah Drs.Armas MPd berharap siswa mau dan mampu untuk menghapal Arquran serta dapat mengimplementasikan isi kandunganya dengan baik dan benar dimanapun mereka berada.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here