Beranda Kantor Kemenag Halal Bi Halal, DW Persatuan Kankemenag Aceh Tengah Undang Akademisi

Halal Bi Halal, DW Persatuan Kankemenag Aceh Tengah Undang Akademisi

311
0

Takengon (Inmas) – Halal bi halal DW-Persatuan Kankemenag Aceh Tengah mengundang akademisi Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon ke tempat acara di MAN 1 Aceh Tengah, 18/6/19

Sudah menjadi kegiatan rutin bulanan DW Persatuan Kankemenag Aceh Tengah melakukan pertemuan dalam rangka mempererat jalinan tali silaturahim, pada setiap pertemuan tersebut di undang sejumlah tokoh penting sebagai penceramah untuk menambah wawasan, siraman rohani, serta sharing berbagi informasi penting aktual.

Pada bulan Juni ini, selain kegiatan pertemuan rutin bulanan, DW Persatuan sekaligus menggelar kegiatan Halal bi Halal keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah dan mengundang akademisi, intelektual Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon yaitu Dr. Al Musanna, M.Ag yang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Akademik sebagai penceramah.

Kakankemenag Aceh Tengah Drs. H. Amrun Saleh, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa Halal bi halal adalah kegiatan silaturahim dan saling bermaafan. Saling memaafkan dan shilaturrahim merupakan bagian dari Risalah Islam.

“Halal Bi Halal adalah tradisi sangat baik, karena ia mengamalkan ajaran Islam tentang keharusan saling memaafkan, saling menghalalkan, kehilafan antar-sesama manusia, halal dengan halal”.

Lebih lanjut Kakankemenag menyampaikan keutamaan silaturahim dan ancaman bagi orang yang memutuskan silaturahim dengan mengutip hadits Buhari dan Muslim.

“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (HR. Bukhari – Muslim), “Tidak masuk surga orang yang memutus silaturahmi” (HR. Bukhari – Muslim). Demikian kutip Drs. H. Amrun Saleh, MA

Di akhir sambutan Kankemenag mengajak kepada seluruh Warga Kementerian Agama untuk senantiasa menjalin silaturahim. “Mari kita lanjut terus silaturahmi yang mengandung banyak nilai positif bagi kehidupan”, tutup Drs. H. Amrun Saleh, MA seraya mengucapkan salam.

Pada kesempatan yang sama Dr. Al Musanna, M.Ag Wakil Ketua Bidang Akademik STAIN Gajah Putih Takengon, penceramah Halal bi halal DW-Persatuan Kankemenag Aceh Tengah  berbagi ilmu dari sebuah Buku yang berjudul The Power of Now (Kekuatan Sekarang), menurutnya buku ini sejalan dengan Surat  Ibrahim ayat: 44, “Dari ayat ini jika diperhatikan dapat diambil makna: berapa banyak orang-orang yang menyesali masa lalu tapi tidak pernah sadar menggunakan waktu sekarang, betapa banyak orang-orang yang memimpikan melakukan kebaikan di masa depan tapi membiarkan saat ini berlalu begitu saja. Dimana pada hari itu akan banyak Manusia yang menyesal karena ia tidak pahami “The Power of now”, dia tidak menyadari bagaimana bernilainya sekarang itu, saat ini”.

Turut hadir pada acara Halal bi Halal Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kab. Aceh Tengah Drs. H. M Alam Suhada, MM, dan Tim sosialisasi program pembiayaan PNS Bank Mandiri Syariah.

Semoga Berkah..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here