Beranda Kantor Kemenag Kakankemenag Aceh Tengah Sidak Protokoler Nikah pada KUA Kecamatan

Kakankemenag Aceh Tengah Sidak Protokoler Nikah pada KUA Kecamatan

466
0

Takengon (inmas) — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Tengah Drs H Amrun Saleh MA didampingi Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Ahmad Marjan SAg mengadakan silaturrahmi mendadak (sidak) untuk melihat pelaksanaan akad nikah pada Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan sesuai dengan protokoler akad nikah pada KUA dalam rangka cegah penyebaran Covid-19 di wilayah kerja Kemenag Kabupaten Aceh Tengah pada Rabu (8/4).

“Pada hari ini, Rabu tanggal 8 April 2020 kami mengunjungi 3 KUA yaitu Kebayakan, Bebesen dan Bies untuk melihat langsung protokoler akad nikah di KUA sesuai dengan surat edaran Dirjen Bimas Islam dalam rangka mencegah penyebaran covid-19,” lapor Kasi Bimas Kankemenag Aceh Tengah Ahmad Marjan SAg.

Di KUA Kebayakan, Kakankemenag menyerahkan alat pelindung diri (APD) kepada salah satu anggota keluarga pasangan calon pengantin yang kebetulan tidak melengkapi dirinya dengan APD. Tambah Kasi Bimas.

Ketentuan protokoler akad nikah pada KUA juga merupakan kepatuhan pada aturan Kemenag demi ikhtiar dalam pencegahan penyebaran virus Corona yang mewabah di penjuru dunia.

Di Aceh, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh melalui Kepala Bidang Urais dan Binsyar Drs H Hamdan MA mengintruksikan pelaksanaan akad nikah di masa darurat Coronavirus Disease (Covid-19) dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan setempat.

Kemenag melarang pelaksanaan nikah di luar KUA untuk sementara waktu hingga berakhirnya masa darurat Corona. Ketentuan ini berlaku bagi calon pengantin yang sudah mendaftar nikah sebelum 1 April 2020.

Sementara bagi calon pengantin yang ingin mendaftar nikah sekarang bisa mengaksesnya melalui website simkah.kemenag.id.

Hanya saja para calon pengantin yang ingin mengajukan permohonan pelaksanaan nikah di atas 1 April diminta untuk menjadwalkan kembali jadwal pernikahannya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here