Beranda Kantor Kemenag Kakankemenag Ungkap Penerapan EDM Dan e-RKAM Merupakan Wujud Dari Reformasi Madrasah

Kakankemenag Ungkap Penerapan EDM Dan e-RKAM Merupakan Wujud Dari Reformasi Madrasah

1110
0

Takengon (Humas) — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, H Saidi B, SAg, MA didampingi Kasi Pendidikan Madrasah, Irhamna, SPdI, secara resmi membuka kegiatan Bimtek Penerapan EDM dan E-RKAM Tim Inti Madrasah (TIM) batch 5. Senin (25/1/21).

Batch 5 merupakan angkatan terakhir dalam pelaksanaan bimtek penerapan EDM dan e-RKAM ini. Sama seperti batch sebelumnya, bimtek akan berlangsung dalam 5 (lima) hari sejak 25 s.d  29 Januari 2021 dengan jumlah peserta masing-masing 45 dari 15 Madrasah yang terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator Madrasah. Kegiatan berpusat di MAN 2 Aceh Tengah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, H Saidi B SAg MA, menuturkan Penerapan EDM Dan e-RKAM merupakan wujud dari reformasi birokrasi yang fokus dalam bidang penyelenggaraan Pendidikan Nasional.

“Tujuan dari penerapakan program EDM Dan e-RKAM adalah tidak terlepas dari sebuah reformasi birokrasi, yaitu reformasi di dalam Madrasah” tuturnya.

Saidi merinci, wudud nyata dari sebuah reformasi madrasah adalah adanya perubahan positif pada bidang pelayanan Pendidikan madrasah.

“tidak ada jaminan madrasah negeri itu lebih baik dari madrasah swasta, karena yang membangkitkan motivasi penyelenggaraan Pendidikan itu ada pada pelayanan yang baik dan berkualitas” papar Saidi.

Untuk meciptakan pelayanan yang baik dan berkualitas, menurut Saidi tentu harus ada kemauan serta kebersamaan antara pihak – pihak terkait dalam lingkup madrasah.

“Antara kepala madrasah, bendahara dan operator harus satu persepsi. Seperti kata pepatah dimana ada kemauan disana aja jalan. Dengan kemauan dan kesungguhan yang tinggi tentu akan tiba pada akhirnya yaitu terwujudnya madrasah hebat, madrasah bermartabat”.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan  Electronic Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Melalui EDM,  madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (e-RKAM).

Kegiatan yang didukung oleh Bank Dunia ini dilaksanakan dengan mengenalkan Google Suite for Education dan Aplikasi EDM dan RKAM berbasis web kepada madrasah khususnya kepada Kepala Madrasah, Bendahara dan Staff/Operator sehingga dapat mengimplementasikan Aplikasi ini. Peserta diajarkan bagaimana membuat kelas virtual dan pengisian EDM serta RKAM berbasis elektronik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here