Beranda Kantor Kemenag Kankemenag Aceh Tengah Selenggarakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Calon Pengantin

Kankemenag Aceh Tengah Selenggarakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Calon Pengantin

444
0

Takengon (Inmas) –  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah melalui Seksi Bimas Islam  menyelenggarakan bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin angkatan ke 7 dan 8 dengan tema “Dengan Bimbingan Perkawinan Kita Wujudkan Keluarga Yang Sakinah, Mawaddah dan Warahmah”. Acara tersebut berlangsung di Aula Umah Pesilangan, (19/6), dengan jumlah peseta sekitar 79 orang dari berbagai daerah di Aceh Tengah.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Aceh Tengah, Drs. H. Amrun Saleh, MA, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Aceh Tengah, Retno Sukadilah, M.Kn, KBO Sabimas Polres Aceh Tengah, Ipda Rasimin dan Kepala  Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Aceh Tengah, Drs. Alam Suhada, MM.

Kepala Kantor Kemenag Aceh Tengah, Drs. H. Amrun Saleh, MA, dalam paparannya menyampaikan bahwa untuk mempersiapkan perkawinan yang kokoh menuju keluarga yang sakinah adalah dengan menumbuhkembangkan suasana harmonis meskipun menghadapi banyak rintangan dan ujian kehidupan.

Lebih lanjut, Drs. H. Amrun Saleh, MA, menjelaskan untuk menuju perkawinan yang kokoh dan sakinah yaitu dengan membangun rumah tangga berlandaskan agama dan Ilahiyah, mandiri dalam ekonomi keluarga, tahan terhadap goncangan keluarga dan ketangguhan memainkan peran dalam lingkungan sosial.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, Rabu dan Kamis, 19 – 20 Juni dengan tujuan untuk membekali remaja usia nikah dan calon pengantin dengan ilmu dan pengetahuan agar dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran bagi para calon pengantin untuk memahami tujuan membangun bahtera rumah tangga yang bahagia, sehingga para pasangan muda dapat merencanakan kehidupan pada masa depan dengan matang dan memahami hak dan kewajiban pasangan suami isteri agar dapat menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.

Dasar Pelaksanaan dari kegiatan tersebut merujuk pada Surat Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Nomor ; 379 Tahun 2018 tentang Petunjuk Bimbingan Perkawinan Pra Nikah bagi Calon Pengantin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here