Beranda Ihmal Market Kasubbag TU di Rakor DWI: Wakaf Tunai Lebih Ringan Dari Wakaf Tanah

Kasubbag TU di Rakor DWI: Wakaf Tunai Lebih Ringan Dari Wakaf Tanah

243
0

Takengon (inmas) — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah melalui Kasubbag TU, Wahdi MS, MA mendapat kesempatan memaparkan program pemberdayaan wakaf produktif Ihmal Market di Rakor Dewan Wakaf Indonesia (DWI) Perwakilan Aceh yang berlangsung di Hotel Bayu Hill, Takengon sejak Sabtu (14/12/19) pagi.

Paparan materi diawali dengan pemutaran video launching Ihmal Market pada Bulan Mei lalu oleh Kakanwil Kemenag Aceh beserta Wakil Bupati Aceh Tengah, kemudian dilanjut dengan paparan sejarah berdirinya Ihmal Market, manajemen usaha hingga hasil yang diperoleh selama beroperasi.

Wahdi MS, MA menjelaskan bahwa saat ini wakaf tunai dinilai efektif dan efisien dari pada wakaf tanah, menurutnya dengan nilai tanah yang terus naik, tidak menutup kemungkinan akan sulit untuk mencari sumber-sumber wakaf.

“Kami menginisiasi wakaf produktif melalu proses yang panjang, mulai konsultasi ke Bapak Kakanwil, Bupati Hingga Kapolres Aceh Tengah,” jelas Wahdi MS, MA.

Lanjut dia, “setelah melalui beberapa kali rapat dan membuat komitmen dengan kepala madrasah dan KUA, karena ini kan masalah uang, pasti sensitif. Akhirnya kami menyepakati memilih wakaf tunai (uang) dengan iuran sebesar Rp. 10.000 per ASN per Bulannya. Wakaf tunai dipilih karena dinilai lebih ringan dibandingkan dengan wakaf tanah,”. Ungkapnya.

Dengan begitu, setiap ASN Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah memiliki kesempatan yang sama untuk dapat berwakaf dijalan Allah.

Selama proses paparan berlangsung, para peserta yang terdiri dari Kakankemenag Kabupaten/kota, Kepala Baitul Mal hingga para Kasi Bimas islam dan Kasi Peny. Syariah pada Kabupaten/Kota terlihat serius menyimak paparan yang disampaikan Wahdi MS, MA.

Saat sesi tanya jawab, salah satu perwakilan dari Kankemenag Kota Subulussalam mengungkapkan apresiasinya kepada Kemenag Aceh Tengah yang telah menginisiasi wakaf produktif, menurutnya Ihmal Market merupakan inovasi yang sangat luar biasa dan akan menjadi motivasi untuk Kankemenag Kota Subulussalam.

Diakhir paparanya, Wahdi MS, MA mendapat aplaus dari para peserta rakor karena telah menjelaskan secara rinci strategi pemberdayaan wakaf produktif Ihmal Market hingga bisa berdiri sampai saat ini.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here