Beranda Madrasah Aliyah Kepala Madrasah se-Aceh Tengah Ikuti Sosialisasi Tata Cara Penulisan Ijazah Tahun Ajaran...

Kepala Madrasah se-Aceh Tengah Ikuti Sosialisasi Tata Cara Penulisan Ijazah Tahun Ajaran 2019/2020

509
0

Takengon (inmas) — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah melalui Seksi Kurikulum Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh menyelenggarakan sosialisasi tatacara penulisan ijazah tahun ajaran 2019/2020. Kamis (16/7/20) di Aula Umah Pesilangan kantor setemapt.

Sosialisasi diikuti oleh seluruh kepala madrasah mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Mewakili Kakankemenag, Kasubbag Tata Usaha, Wahdi MS, MA di dampingi Kasi Dikmad, Irhamna, S Pd I turut hadir serta membuka dan memberikan arahan bimbingan kepada peserta kegiatan.

Sementara itu Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Mukhlis MPd menjadi narasumber juknis penulisan ijazah sekaligus pencerahan seputar dunia pendidikan.

Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Aceh Tengah, Wahdi MS MA dalam bimbingan arahannya mengatakan ijazah merupakan suatu modal serta harapan bagi semua orang untuk bisa menggapai cita-cita di masa depan.

Menurutnya, dalam penulisan ijazah banyak yang menganggap itu gampang, namun pada kenyataannya banyak belangko yang datanya keliru seperti nama siswa, NIS hingga nama orang tua siswa.

“Jika ijazah sudah berubah wujud akibat kesalahan penulisan data, maka sudah mengurangi ruh dan semangat, meskipun secara regulasi itu dibenarkan” paparnya kepada kepala madrasah.

Wahdi MA berharap dengan diadakannya juknis penulisan ijazah tersebut dapat meminimalisir terjadinya kesalahan penulisan ijazah.

“Harapannya dengan kehadiran juknis ini betul-betul dapat megurangi kesalahan dalam penulisan ijazah serta meningkatkan kehati-hatian.

Sementara itu Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Mukhlis MPd dalam paparannya menyampaikan bahwa blangko ijazah diperuntukkan untuk satu siswa satu lembar.

“Kanwil telah menerima belangko ijazah sebanyak 12 ribu belangko yang diperuntukkan untuk satu siswa satu blangko” papar Mukhlis.

Menurutnya jumlah blangko yang dikeluarkan berdasarkan data yang ada pada aplikasi PDUN.

“Ijazah yang dicetak adalah berdasarkan data yang ada di PDUN, namun masih banyak sekolah yang tidak upload data siswa ke aplikasi PDUN, sehingga aceh hanya usul sekitar 12 ribu blangko” jelas Mukhlis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here