Beranda Madrasah Ibtidaiyah Madrasah Ibtidaiyah di Lingkungan Kankemenag Aceh Tengah Laksanakan Try Out

Madrasah Ibtidaiyah di Lingkungan Kankemenag Aceh Tengah Laksanakan Try Out

529
0

Takengon (Irfan/Eet Kurniasih/Sudrajat) — Madrasah Ibtidaiyah di Lingkungan Kankemenag Aceh Tengah Mulai melaksanakan “Try Out”, hari ini ada dua Madrasah Ibtidaiyah yang sedang melaksanakan yaitu MIN 8 Aceh Tengah (Kepala Irfan, S.Pd.I) dan MIN 1 Aceh Tengah (Kepala Eet Kurniasih, S.Pd), 8/3/19

“Try Out” dalam lingkup pendidikan di Indonesia adalah suatu uji coba yang biasanya dilaksanakan sebelum ujian utama, atau di kalangan pelajar merujuk kepada uji coba sebelum menghadapi Ujian Nasional (UN). Tujuannya tidak lain adalah untuk mengukur sejauh mana tingkat kesiapan peserta didik dalam menghadapi Ujian, dan Try Out dilaksanakan supaya anak didik tidak langsung deg degan saat pertama kali ujian.

Mata pelajaran yang di try outkan merupakan mata pelajaran inti yang terdapat di Ujian Nasional antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Kepala MIN 8 Aceh Tengah Irfan, S.Pd.I yang dihubungi di tempat kerjanya mengatakan Dalam rangka menghadapi UASBN Tahun Pelajaran 2018/2019 sangat Perlu mengadakan Tray Out insya Allah 3 Kali yang pertama sudah dilakukan, tgl, 22 da 23 Pebruari 2019 yang Soalnya dibuat oleh Guru Bidang Studi Masing-masing. yang kedua hari ini, Tgl, 8 dan 9 Maret 2019 dan insya Allah Tgl, 5 dan 6 April 2019. yang ditray out-kan Mata Pelajaran Bhs. Indonesia, Matematika dan IPA. dengan Tujuan untuk melihat sejauhmana sudah kesiapan siswa kita untuk menghadapi UASBN dan juga untuk bahan Guru mengadakan Pengayaan yang sudah berjalan.

Kami sangat mengharapkan anak-anak kita siap menghadapi Ujian baik mental maupun Pengetahuannya dan berhasil semua dengan nilai yang memuaskan serta bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, Tutur Irfan.

Kepala MIN 1 Aceh Tengah Eet Kurniasih, S.Pd via akun Wapp menuturkan kegiatan tray out ini dilaksanakan sebagai tolak ukur kemampuan murid MIN 1 Aceh Tengah. Lanjutnya Eet Kurniasih mengatakan pengayaan sudah dilaksanakan selama 2 Bulan yaitu Januari dan Februari dengan teknis pelaksanaan dalam seminggu 4 hari mulai dari hari senin s/d kamis. Insyallah dengan dilaksanakan try out bisa mengukur kemampuan siswa dan materi apa yg masih lemah bisa di bahas di pengayaan bulan maret ini, ungkap Eet Kurniasih.

Mudah-mudahan pelaksanaan try out ini berjalan dengan lancar dan dapat memberi pengetahuan kepada anak didik dalam rangka menghadapi Ujian Nasional… semoga berkah.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here