Beranda Madrasah Tsanawiyah Melalui Praktek Home Industry, siswa MTSN 5 Aceh Tengah ...

Melalui Praktek Home Industry, siswa MTSN 5 Aceh Tengah Bantu Pembangunan Turap Madrasah

550
0

Takengon (Darmawan/Sudrajat) – Sebanyak 34 siswa /siswi kelas VIIa dan VIIb MTsN 5 Aceh Tengah melakukan salah satu kegiatan yakni Home Industry.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu pengembangan kurikulum yang dilakukan pada MTsN 5 Aceh Tengah adalah praktek home industri, baik bidang sains maupun produk makanan. Setelah sukses dengan produk Dodol Kopi, MTsN 5 kembali meluncurkan produk pembersih yaitu sabun cuci piring cair, demikian realis pesan Muslailati yang disampaikan melalui whatsAppnya, senin (4/2/19).
Menurut kepala Madrasah, yang sekaligus juga mengajar pendidikan ilmu kimia, Muslailati mengatakan produksi sabun cair cuci piring adalah bentuk kewirausahaan yang sangat menjanjikan, mengingat pada saat sekarang ,masyarakat lebih menyukai produk yang praktis dan ekonomis.
Lebih lanjut disampaikan, bahwa disamping sasaran kewirausahaan, pembuatan sabun cair ini dimaksudkan memberikan pengetahuan keterampilan pada siswa/siswi MTsN 5, berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Alam(IPA) bidang kimia.
Tidak heran, jika siswa MTsN 5 sudah mengetahui beberapa nama senyawa yang berkaitan dengan pembuatan sabun cair ini, berikut fungsinya.
Terkait dengan hasil produksi, Muslailati menambahkan Hasil produksi ini pertama, dipasarkan langsung kepada masing – masing wali siswa dan guru – guru pada MtsN 5 Aceh Tengah ,dalam satu kemasan berharga Rp.10.000,- perbotol.
Dari hasil penjualan, seluruh dana yang terkumpul akan ditabungkan ke kas madrasah yang nantinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan dan kemajuan madrasah. ” urai kepala madrasah negeri 5 Aceh Tengah tersebut.
Kali ini tujuan utama kami adalah selain untuk pengembangan kurikukum dan juga pengumpulan dana untuk Turap lereng halaman depan madrasah yang semakin hari semakin sering longsor akibat hujan deras,” demikian ditegaskan oleh kepala madrasah. Pembuatan sabun cair pertama, masih dibawah bimbingan langsung ibu kepala madrasah, yang diikuti dengan tekun oleh guru bidang studi IPA. ” Diharapkan, selain guru IPA, semua guru dan siswa di MTsN 5 sudah mampu membuat sabun cair cuci piring jika suatu saat dibutuhkan untuk kepentingan tertentu,” demikian disampaikan oleh kepala madrasah. MTsN 5 sukses!!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here