Beranda Madrasah Ibtidaiyah MIN 6 Aceh Tengah Terapkan Metode Pembelajaran Membaca Senyap

MIN 6 Aceh Tengah Terapkan Metode Pembelajaran Membaca Senyap

654
0

Kebayakan (Senian Pinta) – Dalam upaya meningkatkan minat baca di kalangan Murid,  MIN 6 Aceh Tengah terapkan program pembelajaran membaca senyap di halaman Madrasah, 27/3/19, pagi hari.

Upaya dalam meningkatkan minat baca di kalangan murid MIN 6 Aceh Tengah, kepala Madrasah dan Dewan guru mengajak anak didiknya untuk meluangkan waktu 15 menit sebelum proses belajar mengajar (PBM) dilaksanakan. Program membaca senyap, artinya ketika membaca buku murid tidak diperkenankan mengeluarkan suara selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan membaca di laksanakan di halaman Madrasah, peserta didik bebas memilih tempat duduknya masing-masing, tentunya dibawah pengawasan dewan guru. Tujuannya untuk menumbuhkan minat baca siswa sejak dini, karena membaca senyap ini dapat melatih konsentrasi  dan ingatan anak serta menyelami apa yang dibaca sehingga dapat menumbuhkan minat membaca terutama terhadap buku-buku cerita dan buku pelajaran.

Kepada murid yang tuntas membaca selama waktu yang telah ditentukan dan mampu membuat kesimpulan  dari apa yang sudah dibaca akan diberikan reward.

Semoga kegiatan membaca senyap benar-benar bermanfaat khususnya dalam meningkatkan minat baca, karena dengan membaca, murid akan mengenal dunia, bukankah buku jendela dunia dimana kita bisa melihat isi dunia tanpa melakukan perjalanan hanya cukup membaca selembar halaman, buku adalah jendela ilmu yang akan membuka cakrawala kehidupan manusia, semoga murid-murid MIN 6 Aceh Tengah berteman akrab dengan buku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here