Beranda Kantor Kemenag Orientasi Kepramukaan: Kepala Madrasah Di Jajaran Kankemenag Aceh Tengah Kumpul Di Pendopo

Orientasi Kepramukaan: Kepala Madrasah Di Jajaran Kankemenag Aceh Tengah Kumpul Di Pendopo

342
0

Takengon (inmas) — Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka menggelar Orientasi kepramukaan kepada para kepala madrasah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), baik tingkat MI, MTs dan MA. Kegiatan Orientasi tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Aceh Tengah. Kamis (19/9/19) di Gedung Umi Pendopo Bupati.

Kegiatan orientasi tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Permendikbut Nomor 63 Tahun 2014 tentang Ekstakulikuler Wajib Kepramukaan.

Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar dalam sambutannya menyampaikan sekaligus mengajak seluruh jajaran Pendidikan serta komunitas, untuk menggerakkan, memberi dukungan dan memajukan Gerakan Pramuka di tanah air ini, khususnya di Kabupaten Aceh Tengah.

“Gerakan Pramuka pada dasarnya adalah gerakan yang memiliki dasar yang kuat di Republik ini, bahkan sudah menjadi icon yang diakui oleh dunia. Oleh karena itu saya berarap agar kita semua dapat lebih membulatkan tekad kita untuk lebih memacu perkembangan Gerakan Pramuka di Indonesia khususnya di Kabupaten Aceh Tengah.” Jelas Shabela dihadapan para Kamabigus yang hadir.

Beliau menambahkan, bahwa gerakan pramuka memberikan banyak nilai dalam kehidupan berbangsa, mulai dari kepemimpinan hingga kemandirian.

“Pramuka mengajarkan banyak nilai, mulai dari kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, hingga kemandirian.” Tutupnya.

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Permendikbut Nomor 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan merupakan wujud legulasi yang memperkuat legalitas kegiatan kepramukaan di Indonesia. Dimana Undang-Undang ini menjamin pelaksanaan pendidikan kepramukaan yang tidak lagi hanya sekedar kegiatan ekstra, atau hanya untuk mengisi masa senggang peserta didik, akan tetapi pendidikan kepramukaan telah terintegrasi secara penuh dalam kurikulum 2013 sebagai ekstra kurikuler wajib yang telah berlaku dari tahun 2014.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, Kakankemenag Aceh Tengah yang diwakili oleh Kasubbag TU, Wahdi MS. MA, Kadis Pendidikan Aceh Tengah, Uswatuddin, M.AP, Perwakilan Kadis Cabang Wil. Aceh Tengah, Kasi Pendidikan Madrasah, Irhamna, S.Pd.I. serta seluruh kepala madrasah di lingkungan Kankemenag Aceh Tengah.

Orientasi Kepramukaan tersebut menghadirkan pemateri-pemateri cukup berpengalaman, yaitu Kakak H. Muchlis Gayo, SH, M.Si, juga sebagai Kakwarcab Aceh Tengah, Kakak Drs. Nopia Dorsain sebagai Ketua II Kwarcab Aceh Tengah, dan Kakak Adnan S.Pd sebagai sekretaris kwarcab Aceh Tengah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here