Beranda Kantor Kemenag Pantau Kelancaran Ujian, Tim Monev Kanwil Tinjau USBK Madrasah Di Aceh Tengah

Pantau Kelancaran Ujian, Tim Monev Kanwil Tinjau USBK Madrasah Di Aceh Tengah

373
0

Takengon (Inmas) — Tim Monev Kanwil Kemenag Aceh, Ibu Feryati dan Nur Aida Staf Bid Kurikulum dan Perencanaan Bid penemad tinjau kelancaran Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK) di sejumlah Madrasah di Aceh Tengah, 15/6/19

Monitoring yang didampingi oleh Kasi Penemad dan Staf Bid Kurikulum Kankemenag Aceh Tengah, Irhamna. S.Pd.I dan Syahria Putraga, M. Pd meninjau sejumlah madrasah: MAN 1  Aceh Tengah, MTsN 2 Aceh Tengah, dan MTsN 1 Aceh Tengah.

Monitoring dimaksud dalam rangka meninjau kelancaran pelaksanaan Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK) Madrasah di Aceh Tengah  yang telah  di mulai sejak tanggal 10/6/19. Berdasarkan hasil Monitoring ke sejumlah madrasah tersebut pelaksanaan Ujian secara keseluruhan berjalan lancar.

“Alhamdulillah, Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK) Madrasah berjalan dengan baik, semua siswa tampak fokus dan bersungguh-sungguh menjawab soal ujian yang tampil di layar monitor komputer” demikian ungkap Feryati dan Nur Aida tim monev USBK dari Kanwil Kemenag Aceh.

Selin itu, di hari yang sama Ibu Feryati dan Nur Aida juga melakukan pertemuan dengan proktor Aplikasi Raport Digital (ARD) Kabupaten terkait kendala-kendala teknis di lapangan saat input data aplikasi ARD serta penggunaan user name dan password Aplikasi Rapor Digital Tersebut.

Pada kesempatan yang sama Irhamna, S.Pd.I Kasi Penmad mewakili Kankemenag Aceh Tengah mendampingi kegiatan monitoring USBK menyatakan bahwa Ujian Berbasis Komputer bagi Siswa/i tingkat Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah saat ini bukan hal asing lagi.

“Hari ini, Ujian Berbasis Komputer ini bukan hal yang asing lagi, setiap siswa sudah terbiasa menggunakan teknologi komputer. Jadi Insyaallah, tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian, secara teknis sudah ditangani oleh proktor yang bertanggung jawab penuh jika terjadi kendala teknis pada saat ujian” ungkap Irhamna, S.Pd.I

Sekilas mengenai Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK), Ujian nasional berbasis komputer merupakan prakarsa dari kementrian pendidikan dan kebudayaan dengan menteri pendidikannya waktu itu Muhammad Nuh. Sistem ujian berbasis komputer waktu itu masih dalam proses percobaan dan hanya dilakukan di beberapa sekolah percontohan di Jakarta dan di luar negeri.

Pada dasarnya ujian nasional berbasis komputer hanya merubah medium ujian, dari yang tadinya menggunakan kertas berubah menggunakan apilkasi digital. Semua kegiatan yang berkaitan dengan ujian akan menggunakan sistem internet, mulai dari pembuatan soal, pengaturan kelas, pengaturan user peserta ujian, pengaturan guru atau pengawas, sampai proses ujiannya.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian atau hasil jawaban siswa dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara Online.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here