Beranda Informasi Publik Penuh Khidmat, Upacara HAB Ke-75 Kementerian Agama Berlangsung Di MAN 1 Aceh...

Penuh Khidmat, Upacara HAB Ke-75 Kementerian Agama Berlangsung Di MAN 1 Aceh Tengah

125
0

Takengon (Humas) — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah gelar Upara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama yang puncaknya Jatuh pada hari Minggu (3/1/21). Upacara berlangsung khidmat di lapangan MAN 1 Aceh Tengah, Selasa (5/1/21).

Pelaksanaan ini dilakukan sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 69 Tahun 2020 yang menyebutkan peringatan upacara dilaksanakan serentak seluruh satuan kerja Kementerian Agama Pusat maupun daerah dengan peserta terbatas, dan dengan protokol kesehatan ketat.

Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2021 mengangkat tema “Indonesia Rukun.”

Bertidak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Shabela membacakan sambutan tertulis Menteri Agama yang menyampaikan bahwa generasi penerus bangsa selakyaknya berterimakasih atas perjuangan amal bakti para perintis dan pendiri Kementeran Agama yang saat ini telah berusia 75 tahun.

“Selayaknya kita berterima kasih dan mendoakan semoga amal bakti para perintis, pendiri dan pembangun Kementerian Agama mendapat ridla dari Tuhan Yang Maha Kuasa, dan kita semua diberi kekuatan dalam melanjutkan cita-cita mereka untuk kepentingan bangsa, negara dan agama.”

“Di usia 75 tahun Kementerian Agama, mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang. Kementerian Agama memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain, atas dukungan, sinergi dan kebersamaannya mengawal tugas-tugas Kementerian Agama.”

Dalam sambutan tertulis itu juga disampaikan pentingnya memupuk kerukunan umat beragama, tanpa toleransi tidak akan ada kerukunan.

“Pengembangan toleransi dan kerukunan antarumat beragama merupakan karya bersama para Tokoh Agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa. Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.”

Dalam peringatan HAB ke-75 ini, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas juga menggelorakan Semangat Kementerian Agama Baru yang diterjemahkan dalam beberapa kata kunci, yaitu:

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Sementara itu, menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, H Said B SAg MA mengatakan upacara tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dan akan diperingati dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Untuk peserta upacara hanya akan diikuti ASN Kemenag dari unsur Kepala Madrasah dan Kepala KUA saja. Ini kita lakukan untuk pembatasan dan menjaga jarak di lapangan upacara guna mencegah terjadinya penyebaran covid-19,” katanya.

Turut hadir, Bupati Aceh Tengah, para unsur Forkopimda, Kepala SKPK, serta para tamu undangan. [Alfansyie]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here