Beranda Kantor Kemenag Seksi Bimas Islam Ukur Arah Kiblat Di Masjid Babul Jannah Kecamatan Ketol

Seksi Bimas Islam Ukur Arah Kiblat Di Masjid Babul Jannah Kecamatan Ketol

370
0

Takengon (inmas) — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islama (Bimas Islam) sore ini melakukan pengukuran arah kiblat di masjid Babul Jannah, Kampung Kute Gelime, Kecamatan Ketol. Selasa (14/1/20).

Pengukuran arah kiblat tersebut langsung dipimpin oleh Kasi Bimas Islam, Ahmad Marjan, S Ag, dan disaksikan langsung Anggota DPRK Aceh Tengah Dapil III, Susilawati, Reje Kampung, Ketua RGM, serta Imem Kampung setempat.

Terkait pengukuran tersebut, Kasi Bimas Islam, Ahmad Marjan S Ag menjelaska, pengukuran arah kiblat pada menasah dan masjid merupakan bagian penting yang tidak boleh ditinggalkan.

“Pengukuran arah kiblat sangat penting dilakukan, karena jika seandainya terjadi pergeseran 1 derajat saja, maka akan terjadi pergeseran sekitar 22 ribu kilo meter dari ka’bah” jelas Ahmad Marjan di lokasi pengukuran.

Dari hasil pengukuran tersebut, terjadi pergeseran arah kiblat sebesar 8 derajat dari titik koordinatnya, dimana posisi arah kiblat masjid berada pada 300 derajat, sedangkan koordinat ka’bah adalah 292 derajat.

Pengukuran arah kiblat pada menasah dan masjit kembali berada dibawah Seksi Bimas Islam sebagaimana Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 19 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here