Beranda Informasi Publik Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, Kakankemenag: Dengarkan Pendapat Ahli Bukan Ahli Berpendapat

Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, Kakankemenag: Dengarkan Pendapat Ahli Bukan Ahli Berpendapat

471
0

Takengon (inmas) — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Tengah, H Saidi B SAg MA mengingatkan bahwa Pandemi Covid-19 bukan lagi menjadi perkara remeh temeh yang harus diabaikan.

Hal tersebut diungkapkan dalam agenda sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada bidang keagamaan dan keistimewaan gugus tugas Covid-19 Kabulaten Aceh Tengah di masjid Malik Ishak Kampung Isak Kecamatan Linge. Senin (10/8/20).

Saidi menjelaskan, tujuan pemerintah mensosialisasikan agar masyarakat bisa memperoleh informasi pencegahan secara aktual dan komprehensif terkait Covid-19 agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan lebih dini.

“Ada sebagian pihak berspekulasi bahwa virus corona itu tidak ada, itu hanya bohong belaka, nah ini yang perlu kita luruskan. Kenapa pak camat mengundang aparatur dari kampung masing-masing, karena tujuannya apa yang disampaikan hari ini dapat disampaikan kepada masing-masing rakyat kita disetiap kampung,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kakankemenag yang baru seminggu menjabat di Aceh Tengah menghimbau agar masyarakat dapat memperoleh informasi dari lembaga atau mereka yang berhubungan dengan penanganan Covid-19.

“Banyak yang bilang jangan lagi ke menasah, jangan lagi ke masjid, nah ini tolong, jangan kita mendengarkan ahli berpendapat, namun dengarkanlah pendapat ahli” tambahnya.

Maksud pendapat ahli yang disinggung oleh Kakankemenag Aceh Tengah adalah agar masyarakat memperoleh informasi secara resmi dari pemerintah, seperti tata cara beribadah di rumah ibadah yang telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah lbadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi.

Diketahui, sejak tanggal 25 Juli 2020 sampai dengan 31 Agustus 2020 Gugus Tugas Perecepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah terus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan di semua bidang. Sosialisasi ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19 di wilayah kabupaten Aceh Tengah yang sampai saat ini telah status zona merah dengan 8 (delapan) kasus positif covid.

Sosilaisasi penerapan kesehatan yang dilakukan pada bidang agama, pendidikan, budaya dan adat istiadat ditujukan kepada para Reje/Kepala Kampung/Kepala Desa, Petue/Sesepuh Masyarakat, dan para Imam Kampung dengan tujuan agar apara kampung/desa tersebut dapat menyebarluaskannya kepada masyarakat di kampung mereka masing-masing.

Kegiatan sosialisasi penerapan protokol kesehatan di semua kecamatan ini melibatkan seluruh anggota Bidang Keagamaan dan Keistimewaan pada gugus tugas, seperti Dinas Syariat Islam, Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Aceh Tengah, Dinas Pendidikan, Majlis Permusyawaratan Ulama (MPU), Majlis Adat Gayo (MAG), Majlis Pendidikan Daerah (MPD) dan Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tengah.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here