Beranda Informasi Publik FKUB Aceh Tengah Adakan Dialog Internal Umat Beragama: Memahami Perbedaan Mencari Persamaan

FKUB Aceh Tengah Adakan Dialog Internal Umat Beragama: Memahami Perbedaan Mencari Persamaan

149
0

Takengon (Humas) — Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Aceh Tengah mengadakan dialog internal umat beragama di Ballroom Grand Bayu Hill Hotel Tekengon, Selasa (22/12/20).

Ketua FKUB Kabupaten Aceh Tengah, Drs H Riduan Qari menyebutkan, pelaksanaan dialog diikuti 35 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah serta unsur tokoh agama danĀ  ormas islam (lembaga dakwah) yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

Dengan mengangkat tema “Moderasi dalam pemahaman danĀ  pengamalan syariat islam” turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, H Saidi B SAg MA. Saidi hadir sekaligus membuka kegiatan dialog serta menjadi narasumber.

Dalam paparannya, Saidi menyampaikan perbedaan dalam kehidupan merupakan sesuatu yang alamiah dan merupakan ketentuan Allah SWT.

“Forum dialog seperti ini penting dilakukan untuk menjaga kemajemukan bangsa ini supaya tetap seperti yang diharapkan” ungkapnya.

Dilanjutkan, melihat kenyataan kehidupan bangsa yang majemuk, Kementerian Agama meluncurkan program Cinta Papua dan Cinta Aceh.

“Oleh karena itu, Kementerian Agama mencanangkan satu program besar yang disebut dengan Cinta Papua dilanjut Cinta Aceh dan ada masukan Cinta Maluku”

Menurut Saidi, sebagai entitas bangsa, perlu dibutuhkan pemahaman yang memdalam atas keberagaman perbedaan tersebut.

“Dialog ini sangat dipentingkan untuk memahami perbedaan dan mencari persamaan. Kalau mencari perbedaan dalam persamaan, barangkali nanti akan retak, oleh karena itu kita ambil satu titik, mencari kebersamaan dalam perbedaan” jelas Saidi.

Sementara itu, Ketua FKUB Kabupaten Aceh Tengah, Drs H Riduan Qari menyatakan dialog senantiasa terus melakukan pendekatan masif dengan toko agama dan ketua Ormas Islam. Kali ini dialog antar umat beragama menitik beratkan membangun Moderasi beragama serta menjalankan Syariat Islam di Kabupaten Aceh Tengah.

Sebelumnya Wakil Ketua I FKUB Kabupaten Aceh Tengah, Wahdi MS, MA, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan itu untuk meningkatkan kerukunan internal umat beragama serta hal-hal yang berkembang ditengah masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here