Beranda Madrasah Kakankemenag Aceh Tengah Tinjau Pelaksanaan Asesmen Bagi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah

Kakankemenag Aceh Tengah Tinjau Pelaksanaan Asesmen Bagi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah

140
0

Takengon (Humas) — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah H Saidi B SAg MA tintau pelaksanaan Asesmen Kompentensi Guru (AKG) di beberapa tempat. Kamis (19/11/20).

AKG yang dilangsungkan hingga 23 November tersebut bersamaan dengan dua kegiatan lainnya yaitu Asesmen Kompentensi Kepala (AKK) serta Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP).

Dalam kesempatan itu turut hadir tim monitoring asesmen dari Kanwil Kemenag Aceh yakni Kasi Kurikulum, Bapak Drs. Nasruddin Ibrahim, M.Ag dan Kasi GTK, Ibu Mariani M.Pd pada Bidang Pendidikan Madrasah.

Empat lokasi yang telah ditentukan sebagai tempat simulasi asesmen kompetensi adalah MAN 1 Aceh Tengah, MAN 2 Aceh Tengah, MAN 3 Aceh Tengah dan MTsN 3 Aceh Tengah.

Untuk Aceh Tengah sendiri peserta asesmen berjumlah 561 orang terbagi atas AKG 471 orang, AKK 84 orang dan AKP 6 orang.

Hasil asesmen ini merupakan informasi bagi guru, Kepala Madrasah dan pengawas madrasah terhadap kopentensi yang dimiliki sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk memprioritaskan upaya dalam meningkatkan kompetensinya secara mandiri atau secara bersama-sama.

Adapun dimensi kompetensi yang di ujiankan meliputi PEDAGOGIK dan Profesional untuk Guru, untuk Kepala Madrasah meliputi tes kompetensi manajerial, kompetensi supervisi dan kompetensi kewirausahaan.

Sentara itu, untuk pengawas madrasah dimensi kompetensi yang akan dilakukan meliputi kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi supervisi evaluasi pendidikan dan kompetensi penelitian dan pengembangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here