Beranda Kantor Kemenag Kankemenag Aceh Tengah Laksanakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Angkatan I Se...

Kankemenag Aceh Tengah Laksanakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Angkatan I Se Aceh Tengah

458
0

Takengon (Inmas) — Sebanyak 55 Lebih calon pengantin se Aceh Tengah yang memasuki masa nikah mendapat bimbingan perkawinan pra nikah di Aula Umah Pesilangan Kankemenag Aceh Tengah yang Insyallah dilaksanakan dua hari dengan mengangkat tema “Dengan Bimbingan Perkawinan Kita Wujudkan Keluarga yang Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah, 5/3/19

KaKankemenag Aceh Tengah Drs. H. Amrun Saleh, MA yang sekaligus menyampaikan salah satu materi, dalam pembukaan acara ini menyampaikan untuk mempersiapkan generasi-generasi bangsa yang berkualitas bagi muda mudi yang sudah memasuki fase usia pernihakan. Negara kita sudah mengatur untuk kursus catin sebelum diadakan pernikahan, biasanya kursus catin ini dilaksanakan di kantor KUA Kecamatan tapi ada terpilih beberapa orang kursus catinya di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, jadi peserta yang hadir sekarang beruntung, tidak perlu lagi catin di KUA.

lebih lanjut Kakankemenag menegaskan sebenarnya biaya nikai itu tidak mahal yang mahal bukan biaya nikahnya akan tetapi biaya pesta dan uang adatnya, dalam Undang-undang sekarang jika nikah di kantor KUA itu biayanya Rp0,- diluar kantor Rp.600.000,- disetor ke Kas Negara.

Sesungguhnya dalam memilih pasangan yang utama adalah agamanya, karena agama itu mengarahkan menjadi manusia yang selamat dunia akhirat, menyelamatkan generasi muda yang akan membentuk keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Tutur Amrun Saleh

Drs. H. Salman selaku penanggungjawab acara ini menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan perkawinan ini untuk mencari ilmu yang bermanfaat khususnya ilmu tentang bekeluarga oleh karena itu peserta jangan merasa ini tidak penting karena hari ini pola pikir manusia berubah, manusia lebih memerlukan materi, benda, uang dari pada ilmu. Padahal, ilmu itu lebih penting dan menentukan dalam kehidupan dibanding dengan materi karena dapat menjaga kita dari perbuatan yang tidak benar.

lanjutnya, Salman menjelaskan bahwa menikah adalah sunah Rasulullah SAW, menikah dengan pasangan yang serasi, cocok, sepadan sehingga bisa memberikan berbagai kebaikan, tujuan berkeluarga itu bermanfaat agar makin meningkat secara ekonomi, makin bagus beribadah dan dari segi kemasyarakatan juga makin bagus. untuk mencapai ini semua perlu ilmunya jadi dalam dua hari inilah yang diberikan bagaimana supaya berkeluarga itu bagus, punya anak yang baik salih dan salihah dan dari segala sisi meningkat setelah menikah bukan semakin menurun, bukan semakin amburadul, bukan semakin tidak karuan.

Hari ini angkatan pertama, ke depan ada 17 angkatan lagi, pemerintah memeberikan program ini dengan tujuan agar perceraian ke depan jangan banyak lagi, sudah tiga tahun dengan tahun ini diprogramkan supaya pasangan-pasangan muslim jangan sampai bercerai. tutur Salman.

Adapun sasaran penting bimbingan pra nikah ini memberi pengetahuan kepada muda mudi calon pengantin yang akan mengharungi kehidupan berumah tangga dalam mewujudkan keluarga yang kokoh dan tangguh sehingga dapat membangun keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Untuk memantapkan pemahama peserta dalam mewujudkan keluarga samara, panitian mengadirkan tiga unsur pemateri untuk mengisi kegiatan ini antara lain: Pemateri dari Kankemenag Aceh Tengah diisi oleh Drs. H. Amrun Saleh, MA, Mahbub Fauzi, S.Ag, Herlina Nengsih, MA menyampaikan materi “mempersiapkan perkawinan yang kokoh menuju keluarga sakinah” , “Mengelola dinamika perkawinan dan keluarga” dan”Memenuhi Kebutuhan Keluarga”. Pemateri dari bidang kesehatan reproduksi dan Sikolog diisi oleh Harmala, S.Psi. Psikolog, Isma Sawitri, S.Km.M.Kes menyampaikan materi “Menyiapkan generasi berkualitas” dan “Menjaga kesehatan reproduksi keluarga”. Pemateri dari P2A Polres Aceh Tengah menyampaikan materi “Mengelola konflik dan membangun ketahanan keluarga”.

Semoga kegiatan ini mendapat keberkahan []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here