Beranda Informasi Publik Kemenag Aceh Tengah Sosialisasi SOP Pembelajaran Tatap Muka Pada Pondok Pesantren

Kemenag Aceh Tengah Sosialisasi SOP Pembelajaran Tatap Muka Pada Pondok Pesantren

480
0

Takengon (inmas) — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, Drs H Amrun Saleh MA didampingi Kasi PD Pontren, Ihsanuddin, S Ag mensosialisasikan SOP Pembelajaran Tatap Muka Dalam Masa New Normal pada Pondok Pesantren se-Kabupaten Aceh Tengah. Selasa (30/6/2020) di Aula Umah Pesilangan.

Sosialisasi tersebut berlandaskan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka tahun ajaran baru 2020/2021.

Dalam sosialisasi tersebut turut dihadiri Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bidang kegamaan, adat istiadat dan pendidikan Kabupaten Aceh Tengah, Tgk. Muslim serta puluhan Pimpinan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

Menurut Drs H Amrun Saleh MA, SKB empat menteri menjadi acuan dan panduan untuk pemerintah daerah menerapkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka berdasarkan protokol kesehatan.

“Kegiatan belajar tatap muka sendiri diprioritaskan pada daerah zona hijau seperti Aceh Tengah. Hal utama yang diatur dalam SKB, yakni terkait prinsip pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan bagi semua warga satuan pendidikan,” terangnya dihadapan puluhan pimpinan pondok pesantren.

Drs H Amrun Saleh MA mengingakan walaupun pemerintah telah memutuskan untuk belajar dengan tatap muka, namun warga pondok pesantren harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencici tangan serta menjaga kebersihan lainnya.

Sedangkan Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bidang kegamaan, adat istiadat dan pendidikan Kabupaten Aceh Tengah, Tgk. Muslim mengatakan untuk mendukung penguatan penerapan protokol kesehatan, maka Pemerintah telah meyalurkan 300 ribu masker kepada masyarakat.

“Pemerintah telah menyalurkan 300 ribu masker melalui Kecamatan-kecamatan, jika di pesantren bapak ibu belum menerima bisa dikoordinasikan dengan Camat setempat.” papar Tgk. Muslim.

Rencananya Kantor Wilayah Kementeria Agama Aceh akan mengaktifkan proses bejalar mengajar pada 13 Juli 2020 secara tatap muka di masa new normal, namun pada satuan pendidikan dalam zona-zona tertentu belum diperkenankan secara tatap muka tetap melanjutkan proses Belajar Dari Rumah (BDR).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here