Beranda Madrasah Ibtidaiyah MIN 6 Aceh Tengah Terapkan Pembelajaran Market Day Learning By Doing

MIN 6 Aceh Tengah Terapkan Pembelajaran Market Day Learning By Doing

526
0

Kebayakan (Senian Pinta) — MIN 6 Aceh Tengah terapkan model pembelajaran Market Day Learning By Doing atau belajar dengan melakukan langsung, di pasar Kawasan Pedesaan Kampung Blok Kecamatan Kebayakan. 28/2/19

Siswa-siswi MIN 6 Aceh Tengah sangat antusias mengikuti kegiatan yang sudah di programkan oleh Kepala beserta dewan guru yang menyangkut tentang pendidikan Agama dan umum di kelas VI materi pelajaran Fiqih tentang jual beli yang menurut bahasa adalah pertukaran atau saling menukar, juga jual beli ini di perbolehkan oleh Allah swt yang terdapat didalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 275 dan surat An-Nisa’ ayat 29. Jelas kepala Madrasah Senian Pinta, S.Ag

Lebih lanjut, Senian Menjelaskan setelah diajarkan semua teori jual beli secara hukum Islam baik syarat maupun rukunya maka tibalah saatnya anak didik mendemonstrasikan dan menjual barang / makanan yang telah di siapkan dari rumah untuk kali yang pertama ini yang berjualan adalah siswa kelas IV,V dan VI sementara kls I,II dan III sebagai pembeli.

Kegiatan Market Day ini di pusatkan di pasar Kawasan Pedesaan Kampung Blok Kec.Kebayakan yang baru saja diresmikan oleh bapak Direktur Pembangunan Ekonomi Kawasan Pedesaan 22 Pebruari 2018 yang lalu, setelah acara ini resmi di buka oleh Kepala Madrasah Senian Pinta maka anak-anak sudah stanbay dimeja masing-masing untuk menawarkan barang daganganya kepada konsumen yang sudah tidak sabar lagi untuk mencicipi makanan yang halalan thoiban,alami dan bergizi yang di buat sendiri oleh para penjual. Di dalam kegiatan market day ini terjadi proses pembelajaran secara langsung mereka melaksanakan “ Learning By Doing “ atau belajar dengan melakukan langsung yang tidak terlepas dari pantauan semua guru terutama guru bidang study Fiqih.

Insyaallah awal april akan dilaksanakan kembali khusus kls 1.2 dan 3 dengan harapan kegiatan ini merupakan program tahunan agar anak mampu belajar sambil berwira usaha.. Ujar Senian Pinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here