Beranda Informasi Publik Penyuluh Agama Islam Kemenag Aceh Tengah Ikuti Pemetaan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman...

Penyuluh Agama Islam Kemenag Aceh Tengah Ikuti Pemetaan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Keagamaan

25
0

Takengon (Humas) — Penyuluh Agama Islam di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah baik PNS maupun non PNS mengikuti kegiatan Pemetaan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Keagamaan di aula Umah Pesilangan kantor setempat, Selasa (01/11/2022).

Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah H Saidi B SAg MA sekaligus membuka kegiatan, Kasi Bimas Islam Ahmad Marjan SAg, staf Seksi Bimas Islam serta 16 Penyuluh Agama Islam Fungsional dan 112 Penyuluh Agama Islam Non PNS.

Sementara Kasi Bimas Islam, Ahmad Marjan SAg menyampaikan bahwa Penyuluh mengikuti Pemetaan yang diselenggarakan secara serentak di 26 Provinsi Se-Indonesia dengan pembagian waktu Pukul 09.00-10.00 di 7 Provinsi. terdiri dari Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Sedangkan Pukul 13.00-14.00 di 19 Provinsi meliputi Provinsi D.I. Yogyakarta, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Kep. Riau, Lampung, Malaku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Bali, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, NTT, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini merupakan salah satu program Prioritas dari Kementerian Agama yaitu Revolusi Mental, dan Pembinaan Ideologi Pancasila serta Penguatan Moderasi Beragama.

Sebagaimana Kepdirjen Bimas Islam No.889 Tahun 2022, pemetaan ini merupakan salah satu implementasi atas di Undangkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia  No.7 Tahun 2022 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme.

Melalui pemetaan ini, akan dihasilkan peta wawasan kebangsaan Penyuluh agama Islam dan dapat dijadikan dasar dalam merumuskan kebijakan peningkatan  kompetensi Penyuluh agama Islam, sehingga mampu meningkatkan kinerja PAI dalam melaksakan tugas Bimbingan dan Penyuluhan Agama yang mampu menanamkan pemahaman kepada masyarakat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesa yang berdaulat ditengah wacana-wacana Radikalisme, Intoleransi, bahaya Narkoba dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here