Beranda Informasi Publik Usai Serahkan SK CPNS, Kakanwil Pantau Pelaksanaan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM

Usai Serahkan SK CPNS, Kakanwil Pantau Pelaksanaan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM

356
0

Takengon (Humas) — Usai menyerahkan SK CPNS di Aual Umah Pesilangan, Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh, Dr H iqbal SAg MAg bertolak ke MAN 2 Aceh Tengah untuk melakukan kunjungan ke lokasi Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM Tim Inti Madrasah yang sedang berlangsung. Selasa (26/1/21).

Kunjungan Kakanwil didampingi langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, Bapak H Saidi B SAg MA, Kasubbag TU, Wahdi MS, MA serta Kasi Pendidikan Madrasah, Irhamna SPdI.

Kehadiran Kakanwil untuk bersilaturahmi seligus memberikan arahan dan bimbingan kepada para peserta Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM untuk batch 5.

Batch 5 merupakan angkatan terakhir dalam pelaksanaan bimtek penerapan EDM dan e-RKAM ini. Sama seperti batch sebelumnya, bimtek  berlangsung dalam 5 (lima) hari sejak 25 s.d  29 Januari 2021 dengan jumlah peserta masing-masing 45 dari 15 Madrasah yang terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator Madrasah. Kegiatan berpusat di MAN 2 Aceh Tengah.

Saat memberikan arahan dan bimbingan, Kakanwil mengatakan Madrasah saat ini sebagai ujung tombak dalam pembentukan generasi yang berkarakter islami, menjadi orang yg berilmu, memiliki keahlian dan kemuliaan dalam masyarakat.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan  Electronic Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Melalui EDM,  madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (e-RKAM).

Sebelmunya, Kakanwil beserta rombongan juga sempat menyapa pimpinan Dayah/Pondok Pesantren se Kabupaten Aceh Tengah di Aula Umah Pesilangan dan melihat lokasi pembangunan RKB MAN 1 Aceh Tengah, Gedung PLHUT dan KUA Kecamatan Bebesen di Kampung Kemili.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here